Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Mana yang Bisa Bersihin Keyboard Paling Ampuh?

Jurnal Ulasan

Review tipis-tipis ~

Meja kerja paling asyik itu menurut saya yang lamgsung jendela. Bisa langsung melihat pemandangan di luar. Lihat orang lalu lalang. Lihat pepohonan dan wajah langit. Namun punya meja kerja di dekat jendela tuh nggak serta merta bawa kedamaian.

Kenapa oh kenapa? Soalnya barang-barang di atas meja gampang berdebu. Termasuk laptop/pc, lampu meja, buku, apapun yang ada di atas meja. Mau nggak mau, saya harus rajin ngelap-ngelap ditambah dengan cairan pembersih.

Tapi kotorannya kok sebagian bandel dan nggak mau hilang? Sembunyi di sela-sela keyboard gitu. Kezel.

Pas banget, saya melihat ada sikat pembersih keyboard pas melintas di rak aksesoris laptop Mr. DIY, salah satu gerai di Mall Kota Blitar.

Ada sikat pembersih, ada juga gel pembersih. Hmm. Mana yang harus saya pilih dan bayar?

Akhirnya, saya beli keduanya. Harganya selisih 2ribuan perak. Sikat pembersih harganya sekitar 14ribuan, sedangkan gel pembersihnya sekitar 11ribuan.

Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Begitu sampai rumah, saya coba tuh keduanya. Saya membersihkan keyboard pada 2 laptop yang berbeda supaya bisa membandingkan keduanya.

Pertama, sikat pembersih keyboard

Bentuknya pipih dan melebar. Ada wadahnya yang berfungsi buat menampung debu dan kotoran dan nggak kabur kemana-mana. Foto di bawah ini adalah sebelum dan sesudah dibersihkan ya, gais.

Piye menurutmu perbedaannya? Apakah terlihat lebih bersih?

Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Sebelum dibersihkan. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Sesudah dibersihkan. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Kalau menurutku sendiri, iya, lumayan bersih. Utamanya bagian sela keyboard yang tak terjangkau bila dibersihkan pakai lap kain. Helai sikat yang panjang jelas bisa menjangkau dan menghempas debu atau kotoran yang nylempit di sela keyboard.

Selain itu, sikat pembersih ini awet banget. Reuseable hingga nanti nanti bahkan bertahun-tahun, kecuali hilang ya.

Kekurangannya, alat tersebut nggak sepenuhnya bersihin permukaan keyboard. Masih ada debu-debu yang tertinggal. Kayak ingatanmu tentang sia yang berserakan dan kamu males beresin alias move on coy. Wqwq

Kedua, gel pembersih keyboard

Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Sekilas, kemasannya kayak bungkus snack. Bentuknya lembek (ya iya dong namanya juga gel). Cara pemakaiannya gampang banget. Tinggal keluarkan dari kemasan lalu tempelkan pada permukaan keyboard.

Langsung deh tanpa babibu, debu atau kotoran nempel di gel tersebut. Jika dibandingan dengan alat pembersih sebelumnya, gel pembersih juga punya keunggulan lho.

Teksturnya lembek, licin, dan rada lengket, mampu mengangkat debu atau kotoran secara maksimal. Pilihan aromanya juga bermacam-macam. Saya memilih aroma stroberi. Mmmm… sekilas seperti bau permen karet.

Supaya gel ini berfungsi dengan maksimal, saya suka banget membentuknya menjadi pipih dan melebar. Lalu saya tutupi seluruh permukaan keyboard dengan gel tersebut. Kemudian angkat perlahan.

Lihat sendiri hasilnya ya.. di bawah ini adalah foto sebelum dan sesudah .

Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Sebelum dibersihkan. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Alat pembersih keyboard. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Sesudah dibersihkan. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Menurut saya, gel ini lumayan kok buat angkat debu atau kotoran yang menempel pada keyboard. Kelemahannya adalah tidak bisa menjangkau debu atau kotoran yang nylempit terlalu dalam.

Nggak hanya itu, durasi penggunaannya lebih pendek daripada sikat pembersih. Bila gel pembersih sudah kotor jelas dong nggak bisa kamu gunakan lagi.

Dari segi bentuk kurang praktis karena teksturnya yang lengket dan bikin telapak tangan gimana gitu setelah menggunakannya. Semacam ada perekat gitu lho. Nggak nyaman banget di tangan, lebih enak pakai lap kain.

***

Nah, itu dia ulasan tipis-tipis dari saya. Mudah- mudahan bisa membantumu dalam memilih yang terbaik untuk bersihin keyboard. Pilih salah satu juga udah cukup kok. Pilih keduanya bagi saya malah lebih baik.

Kalau kamu gimana? Ceritain dong bersihin keyboard laptop pakai alat apa aja. Hehehe.

6 thoughts on “Mana yang Bisa Bersihin Keyboard Paling Ampuh?”

        1. Iya bener… wqwq lengket lengket kenyal gimana gitu. Tau ga mainan bentuk telapak tangan dengan tali yang panjang, mainnya dilempar-lempar? Teksturnya kayak gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *