perpanjang-sim-online-rizky-almira

Perpanjangan SIM Online

Jurnal Ulasan

Mager ke Polres, bentrok dengan event, sangat bersyukur ada opsi perpanjangan SIM Online.

Kurang beberapa hari lagi masa berlaku SIM A dan C akan habis. Tetapi, saya belum tahu bisa atau tidak bertandang ke Satpas terdekat untuk perpanjangan SIM. Sebab, mendadak ada kegiatan ikut pameran dan bertepatan pada masa berakhirnya SIM milik saya.

Syukurlah, sekarang sudah ada opsi untuk perpanjangan SIM online. Sekilas membaca review aplikasi di Apple Store kok kurang memuaskan, ya. Bondo nekat, saya mencobanya pada H-7 masa berakhir SIM.

Apa yang Dibutuhkan untuk Perpanjangan SIM?

  • Unduh aplikasi Digital Porlantas Polri, kini sudah tersedia untuk android dan iOS.
aplikasi-digital-korlantas-polri
  • Lalu siapkan dokumen yang dibutuhkan, ya.
    • Foto fisik E-ktp
    • Foto fisik SIM yang akan diperpanjang
    • Foto tanda tangan di atas kertas putih
    • Pas foto (menggunakan latar belakang warna biru dengan resolusi 480×640 pixel, tidak menggunakan kacamata, tidak menggunakan hijab berwarna biru, tidak menggunakan penutup kepala seperti topi dan peci, foto wajah menghadap ke depan)

Bagaimana Cara Tes Kesehatan Online?

perpanjangan-sim-online-rizky-almira

Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan online dengan langsung mengunjungi my.erikkes.id. Silakan buat akun dan verifikasi untuk bisa melanjutkan ke tahap pemeriksaan yang tinggal jawab ‘ya’ atau ‘tidak’. Pilihlah lokasi Jakarta Pusat dengan Puldokes Polda supaya bisa tes secara online.

Ohya, sekali pemeriksaan kesehatan melalui fasilitas ini, hasilnya bisa digunakan berkali-kali selama proses pengajuan perpanjangan SIM. Saya cukup melakukannya sekali untuk pengajuan perpanjangan dua jenis SIM. Pada tahap awal proses, tersedia opsi untuk keperluan melakukan tes ini.

Bagaimana Cara Tes Psikologi Online?

perpanjangan-sim-online-rizky-almira

Tes psikologi juga online dengan mengakses eppsi.id. Sebelum memulai tes, lakukan verifikasi akun dan membayar tagihan tes yang terdiri dari 100an soal. Bila ingin benar-benar online bisa memanfaatkan fasilitas ini. Saran saya, alangkah baiknya lakukan tes pada pagi hari pas pikiran masih fresh. Pengalaman saya kemarin, mengerjakan tes psikologi pada jam 2 siang ke atas.

Hampir sama dengan pemeriksaan kesehatan via online, hasil tes psikologi bisa digunakan lebih dari sekali selama proses pengajuan perpanjangan SIM. Saya juga cukup melakukan tes sekali untuk perpanjangan SIM A dan C.

Bagaimana Cara Perpanjangan SIM dengan Digital Korlantas Polri?

  • Pertama, buka aplikasi Digital Korlantas Polri dan lakukan verifikasi akun. Setelah berhasil, akan muncul tampilan utama seperti di bawah ini. Silakan klik SIM.
perpanjang-sim-online-rizky-almira
  • Lalu, pilih Perpanjangan SIM.
perpanjang-sim-online-rizky-almira
  • Untuk perpanjangan sim, sementara tidak bisa memilih opsi sekaligus SIM A dan C. Jadi, ya, satu per satu. Saya pengajuan perpanjangan SIM A dulu, setelah itu mengulangi proses yang sama untuk pengajuan perpanjangan SIM C. Silakan ikuti arahan selanjutnya.
perpanjang-sim-online-rizky-almira
  • Jika telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes psikologi online dan hasilnya memenuhi, cukup centang pada bagian hasil Rikkes Jasmani dan tes psikologi. Lalu klik Cek Kelengkapan Data yang ada di bagian paling bawah.
perpanjang-sim-online-rizky-almira
  • Kita bisa memilih Satpas yang akan mencetak SIM. Saya berdomisili di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Saat itu memilih Satpas Tulungagung, hasilnya ditolak karena material sim sedang kosong. Kemudian, saya memilih Satpas Jombang.
  • Alamat pengiriman SIM boleh tidak sesuai dengan alamat KTP. Nanti akan ada biaya tambahan untuk pengemasan dan ongkos kirim Pos Indonesia. Pilihan pembayaran baru ada Bank BNI.
  • Jika proses pembayaran telah berhasil, kita bisa memantau di riwayat transaksi dalam aplikasi.
perpanjang-sim-online-rizky-almira

Berapa Biaya Perpanjangan SIM Online?

Untuk perpanjangan SIM A dan C, rincian biayanya adalah sebagai berikut:

  • Pemeriksaan Kesehatan, Rp0 (tes RIKKES jasmani sebesar mengikuti kebijakan tarif klinik yang dipilih)
  • Tes Psikologi, Rp37.500
  • Total Biaya Perpanjangan SIM A, Rp113.501
  • Total Biaya Perpanjangan SIM C, Rp108.501
perpanjangan-sim-online-rizky-almira
Rincian biaya perpanjangan SIM C
perpanjangan-sim-online-rizky-almira
Rincian biaya perpanjangan SIM A


Bagaimana dengan foto SIM terbaru?

Pertanyaan dari teman tentang pengambilan foto untuk SIM yang hendak diperpanjang. Foto yang digunakan adalah pas foto yang telah diunggah pada awal pengajuan.

Jika Pengajuan Ditolak, Bagaimana dengan Pengembalian Dananya?

Saat proses pengajuan perpanjangan SIM online, kita diminta mengisi formulir pengembalian dana bila pengajuannya ditolak. Lama proses pengembalian dananya maksimal 30 hari kerja. Dapat informasi dari teman bahwa pengembalian dana tidak 100%.

perpanjangan-sim-online-pengembalian-dana

Saya sempat mengalami kendala saat perpanjangan SIM dengan iPhone, ada tampilan yang tidak muncul pada tahap pembayaran. Sempat ditolak juga karena tidak segera melakukan pembayaran. Saat itu masalahnya adalah tidak muncul rincian tagihan dan rekening pembayaran. Akhirnya, suami saya menyarankan untuk coba di android dan bisa. Yay!

Proses pengajuan perpanjangan SIM A dan C pada 29 Oktober 2022. Lalu, pada 1 November 2022 ada chat WA dari kurir Pos Indonesia terdekat yang memberitahu adanya paket SIM. Awalnya, ekspektasi saya paling pengiriman SIM memakan waktu sepekan atau lebih. Entah lagi mujur atau memang seperti itu prosesnya, durasi pengiriman hanya tiga hari termasuk hari di luar jam kerja. Terima kasih Korlantas Polri, tetap tingkatkan kualitas pelayanan kalian.

Semoga cerita pengalaman saya tentang perpanjangan SIM Online bisa membantu.

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.