Aplikasi by.U versi android. Dokumentasi pribadi oleh Rizky Almira

Pengalaman Jadi Pengguna by.U

Jurnal Panduan Ulasan

Provider serba digital pertama di Indonesia.

Sebelum era digital, kebutuhan pokok manusia itu ada 3 yaitu sandang, papan, dan pangan. Namun sekarang bergeser menjadi pangan, kuota, dan colokan. Ya kan?

Ya memang sih pernyataan saya tadi nggak berlaku untuk semua orang yang ada di muka bumi ini, tapi buat makhluk digital seperti kamu dan saya? ehe yakin masih menyangkal?

Selama ini kebutuhan pokok kuota saya penuhi dengan hotspot baik di kantor atau di rumah, kalau enggak gitu ya aktivasi paket data. Saya pengguna 2 provider nih, Tsel dan Smartfren. Dua-duanya seperti bumi dan langit.

Satunya harga paket datanya mahal selangit tapi ya nggak usah ragu dengan kecepatan koneksi internetnya. Nah, sedangkan provider satunya lebih murah dan bikin hemat tapi ya gitu deh kecepatan koneksinya Senin Kamis alias kembang kempis.

Eh, ada yang perlu saya tekankan di sini bahwa kecepatan internet itu tergantung beberapa faktor termasuk lokasi. Ini juga berlaku untuk provider baru yang mau saya ceritakan di sini.

Saya sedang beralih ke by.U, provider baru di Indonesia yang pelayanannya serba digital. Pembeliannya serba online, mulai dari mendapatkan SIM Card hingga aktivasi.

Kamu tau dari mana soal by.U ini, Kay? Dari teman, selain itu iklannya juga seliweran di sosial media. Yo wes, saya berniat untuk mencoba pakai juga. Pertimbangan saya memilih by.U sebagai provider layanan internet adalah murah dan percaya kalau koneksi internetnya stabil. Fyi, by.U ini adalah anaknya Telkomsel.

Saya ngedapetin SIM Card langsung dari booth by.U di Malang Town Square pas jalan-jalan bareng keponakan. Booth by.U ini ada di tiap-tiap kota besar. Kamu bisa kepoin lokasi booth terdekat di website mereka. Kalau kamu mager banget buat kemana-mana, apalagi saat ini kan sedang masa darurat COVID-19, kamu bisa memesan langsung di website by.U lho.

Cara aktivasinya cukup dengan 2 langkah:

  • Kemudian pilih #SemuanyaSemaunya
    Mulai dari pilih kuota utama, pilih kuota toppingnya, pilih nomor by.U, pilih metode pembayarannya
Aplikasi by.U versi android. Dokumentasi pribadi oleh Rizky Almira
Aplikasi by.U versi android. Dokumentasi pribadi oleh Rizky Almira

Terus gimana kalau SIM Card udah di tangan, Kay?

Langsung saja buat registrasi dan aktivasi SIM Card by.U kamu. Caranya gampang kok, nggak perlu ketik SMS. Cukup dengan buka aplikasi by.U doang. Yuk simak langkah-langkah berikut!

Masukkan SIM card by.U ke HP kamu

Pastiin kamu registrasi dengan menggunakan aplikasi by.U yang berada di handphone yang sama dengan SIM card nya

Pastikan internet HP terhubung ke by.U

Pastikan kamu sudah mematikan jaringan Wifi dan/atau jaringan selular SIM card ke 2 ya (jika ada)

Buka aplikasi kamu dan klik “Aktifkan SIM Card”

Ikutin proses cara melakukan registrasi dan aktivasi SIM card yang ada di aplikasi ya!

Masukkan nomor NIK/KTP dan KK kamu

Silahkan cek NIK di kolom NIK di kartu keluarga atau di KTP kamu ya. Pastiin data yang dimasukkan sudah benar

Yeay, registrasi dan aktivasi SIM card kamu berhasil!

Sekarang, kamu udah bisa menikmati seluruh layanan by.U semuanya semaunya 🙂

Saya pakai by.U karena paket internetnya yang lumayan murah per bulannya. Paket internet bulanan 10 Gb seharga Rp 50ribu atau 23 Gb seharga Rp 100ribu, murah kan?

Selain itu seperti yang saya ceritakan sebelumnya, rumah saya itu rada di pelosok jadi hanya beberapa provider aja yang koneksinya lancar, salah satunya adalah Telkomsel. By.U adalah solusi untuk kebutuhan internet saya saat ini sih. Iyalah, koneksinya stabil dan murah. Ehe.

Ada yang request untuk speed test. Nih, saya barusan tes seberapa kencang koneksi internetnya. Posisi saya saat speed test ini di desa, di Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar.

Jaringannya 3G/HDSPA kecepatannya seperti di atas ya, apalagi kalau 4G bisa lebih kencang

Kekurangannya adalah bagi kamu yang hapenya bukan dual SIM ya rada ribet juga ya. Soalnya kan beli by.U otomatis beli nomor baru supaya bisa menikmati layanan paket internetnya. Bagi yang hapenya Dual SIM mah santuy aja, udah gitu bisa pilih nomor hape. Ya meskipun belum bisa custom nomor dengan tanggal lahir sih. Ehe.

Saya pasti akan repeat order paket langganan terus. So far puas dengan kelancaran internetnya. Lumayan kan bisa main pubg tanpa reconnecting di tengah-tengah permainan. Sumpah, itu rasanya nggak enak banget.

Nah, kalau kamu berminat pakai juga boleh lho pemesanan SIM Card langsung ke link ini . Saya lagi ikut program bagi-bagi referral nih, ya lumayan kan bisa dapat kuota gratis kalau kamu pesan dari link yang saya kasih hehehehe. Itung-itung support temen sendiri!

Terima kasih banyak ya yang udah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini! Jaga diri baik-baik, semoga Tuhan melindungi kita semua dari segala mara bahaya termasuk Corona. Amin paling serius!

9 thoughts on “Pengalaman Jadi Pengguna by.U”

  1. Mau tanya apa bener kl by.u gak diisi pulsaaka nomor kita gak akan hangus asal kartu tertancap di hp

    1. Gak ada masa berlaku SIM card di by.U 🙂 Tapi kalo selama 30 hari SIM Card by.U kamu tidak terhubung ke jaringan by.U, maka SIM Card by.U kamu bakal otomatis dinonaktifkan, mas hehe

  2. Maaf kak mau tanya, dalam penggunaanya boros nggak jika kita gunakan untuk instagram & youtube seperti kartu telkomsel sebelumnya?

    1. dan tergantung jenis sinyalnya, kalau 4G terus ya nyedot kuotanya lebih boros daripada kalau sinyalnya hanya H+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *