Starter Pack Pelihara Kucing. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Starter Pack Pelihara Kucing

Hobi Jurnal

Semacam panduan awal bagi yang ingin pelihara kucing.

Punya hewan peliharaan khususnya kucing itu sungguh menyenangkan sekaligus bikin pusing dalam sekali waktu. Maksudnya begini lho, tetap ada suka dan duka dalam setiap perjalanan merawat hewan.

Ohya, sebelum lanjut membaca cerita saya, kamu juga bisa membaca cerita sebelumnya mengenai kucing oren yang sedang saya rawat. Nah, update an kali ini saya ingin cerita perihal starter pack pelihara kucing.

Tulisan ini semacam panduan awal untuk kamu yang ingin memelihara kucing di rumah. Paling tidak jadi punya gambaran mengenai kebutuhan yang harus disiapkan.

Apa saja kebutuhan dasar yang harus dipersiapkan untuk pelihara anak kucing?

Pertama, hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan kandangnya. Awal pelihara Bulbul, saya pakai kandang bekas burung lovebird dengan ukuran yang lumayan cukup untuk 1 kitten. Syukur-syukur kalau di rumah kamu ada kandang nganggur. 😅

Starter Pack Pelihara Kucing. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Starter Pack Pelihara Kucing. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Harga kandang juga bervariasi tergantung bahan, ukuran, dan bentuk. Kisarannya mulai 100ribuan udah dapat kandang yang layak kok. Nanti kalo udah punya duit cukup bisa upgrade kandang yang lebih besar.

Kedua, menyiapkan perlengkapan mpup atau litter box, tempat makan, dan minum. Ada banyak dijual di toko aneka plastik. Litter box saya harganya mulai 9ribuan. Ukurannya disesuaikan sama besar badan kucing. Acuan saya ya 1,5x badan kucing. Saya selalu membeli double sebagai cadangan.

Ketiga, pakan kucing. Saya pilih merek Me-O khusus kitten. Ini sesuai dengan rekomendasi dokter langganan si breeder. Alasannya, selain harga yang terjangkau, gizi yang dikandung juga cukup bagus. Harga pakannya sekitar 18rb/500 gram.

Starter Pack Pelihara Kucing. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Starter Pack Pelihara Kucing. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Keempat, pasir khusus untuk kucing buang air. Pasirnya pun nggak sembarangan, saya pilih yang tipe gumpal biasa tanpa pewangi. Harganya 55ribu/karung. Nah sekarung pasir tuh 25 liter. Alasan pilih pasir gumpal ini karena praktis dan ekonomis. Pasir yang dikencingin akan menggumpal, begitu pula dengan poopnya. Tinggal serokin dan buang deh. Jadi nggak perlu ganti pasir setiap hari.

Kelima, sisir untuk kucing. Berhubung si Bulbul itu tipe berbulu lebat dan rada panjang jadi wajib punya sisir untuk membersihkan bulunya. Sisir ini juga ngebantu mengurai bulu-bulu yang kusut. Harga sisir kucing macam-macam, saya beli di Me. DIY kalau enggak salah 30ribuan.

Starter Pack Pelihara Kucing. Dokumentasi pribadi Rizky Almira
Starter Pack Pelihara Kucing. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Keenam, sedia camilan buat kucing. Si Bulbul doyan banget snack merek Me-O. Dia doyan semua varian. Baru pamer bungkusnya doang, dia sudah excited. Harganya per bungkus 6-7ribu tergantung beli di mana.

Ketujuh, shampoo anti kutu. Yass, ini perlu punya sih kalo nggak males bawa ke salon buat grooming. Selama ini saya mandiin Bulbul sebulan sekali di salon langganan sekalian ada jadwal vaksin di Vet. Shampoo paling harganya 20-30ribuan gitu.

Berapa total biayanya?

Kandang : Rp 100.000
Alat makan dan mpup: Rp 25.000
Pakan untuk sebulan: Rp 72.000
Pasir untuk sebulan: Rp 55.000
Sisir: Rp 30.000
Snack: Rp 7.000 x 12 = Rp 84.000
Shampoo: Rp 20.000

Total biayanya Rp 386.000

***

Nah, 7 hal di atas adalah kebutuhan dasar yang harus disiapkan bila ingin memelihara kucing di rumah. Saya juga kasih rincian anggarannya mulai dari kandang sampai ke perlengkapan mandinya.

Memelihara kucing memang menyenangkan, lur, bisa memperbaiki mood si pemilik karena punya kucing tuh sangat menghibur. Tapi memelihara kucing tidak cukup dengan memberinya kasih sayang, butuh dana yang cukup supaya kucing terawat dengan baik.

Satu hal yang perlu diingat bahwa si pemilik harus happy saat memelihara kucing, supaya kucingnya juga bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *