Vaksinasi Kucing. Dokumentasi pribadi Rizky Almira

Vaksinasi Kucing dan Perawatan Ekstra Lain serta Biayanya

Hobi Jurnal

Mau bahas perawatan harian dan berkala pada kucing ~

Saya ingin berbagi cerita tentang kebutuhan lain saat memelihara kucing yaitu tentang vaksinasi kucing dan perawatan ekstra lainnya. Ternyata nggak cuma manusia aja yang butuh vaksinasi atau imunisasi, hewan juga termasuk kucing.

Vaksinasi kucing ini diberikan ketika kucing memasuki usia 3 bulan atau lebih dikit dengan beberapa ketentuan.

“Kucingnya bisa divaksin dengan syarat berat udah lebih dari 800 gram. Benar-benar dalam kondisi sehat, makan lahap, nggak diare, nggak muntah,” jelas dokter hewan langganan.

Menurut saya, pemberian vaksinasi pada kucing peliharaan di rumah adalah wajib. Tujuannya jelas untuk membangun sistem imun dan mengurangi resiko tertular penyakit.

Di mana saya vaksinasi kucing di Blitar?

Saya merekomendasikan KokoPetz untuk tempat vaksinasi kucing, anjing, dan hewan lainnya. Lokasinya di Jalan Kalimantan, tepat di sebelah utara Unisba (Universitas Islam Balitar). Dekat dengan Indomaret pula.

Kenapa saya memilih KokoPetz?

Sebenarnya ini rekomendasi dari teman saya seorang breeder kucing. Di samping itu pelayanan mereka bagus. Ada 3 dokter hewan yang ada di situ, semuanya ramah dan sabar banget jawab setiap pertanyaan saya.

Berapa biaya vaksinasi kucing di KokoPetz?

Untuk kucing, vaksinasi dilakukan secara berkala lho.

Pertama, saat berat kucing minimal 800 gram.
Vaksinasi Felocell 3/ Felocell 4, ini untuk pencegahan penyakit Rhinotracheitis, Calicivirus, Panleukopenia.
Biayanya sekitar 165ribu

Kedua, tepat sebulan kemudian.
Vaksinasi Defensir 3, ini untuk pencegahan penyakit Rhinotracheitis, Calicivirus, Panleukopenia, Chlamydia.
Biayanya sekitar 185ribu

Ketiga, tepat setahun kemudian.
Ini belum saya lakukan wqwq

Note: Bila kucing telah divaksinasi nanti akan dapat buku riwayat kesehatan dari klinik hewan atau vet. Kalau kamu berencana adopsi kucing dan ngakunya udah divaksin, tinggal minta aja buku vaksinnya.

Lalu, gimana soal perawatan ekstra pada kucing?

Perawatan ekstra ini rutin saya lakukan juga demi kesehatan kucing dan saya juga. Ada yang harian, ada yang bulanan, tergantung kebutuhan.

  • Obat Cacing, ini harus diberikan pada kucing setiap 3 bulan sekali. Kalau nggak salah harganya sekitar 20ribuan per pil. Biasanya saya ngasihnya sekalian pas grooming di KokoPetz.
  • Obat Kutu, saya rutin ngasih setiap sebulan sekali biar nggak kutuan. Harganya sekitar 10-30ribuan. Nanti kalau kutuan kan khawatirnya bisa kemana-mana, soalnya Bulbul tuh suka banget main-main di kamar saya.
  • Madu, saya kasih ini atas saran Ade, mantan saya yang juga pencinta kucing. Hehehe. Saya beli madu TJ untuk junior dengan harga sekitar 20ribuan di apotek, saya nyuapin ke Bulbul tiap pagi pakai suntikan tanpa jarum dengan ukuran paling kecil. Kucing saya doyan banget madu ini.
  • Membersihkan telinga tiap beberapa hari sekali. Telinga kucing gampang banget kotor dan jadi sarang kutu. Kasihan kalau udah kotor banget jadi doyan garuk daerah telinga. Pernah sampe bulu di sekitar daun telinga rontok.
    Sejak saat itu saya jadi rutin bersihin telinga kucing. Awalnya geli takut gimana gitu, makin kesini makin biasa aja. Saya bersihinnya pakai kapas yang udah dibasahin pakai air hangat atau baby oil, nggak disaranin pakai cotton bud soalnya bisa menyakiti kucing dan bikin meronta pas proses pembersihan.

Selama memelihara kucing, kita sebagai pemilik juga wajib menjaga kebersihan perlengkapan si kucing lho.

Saya mengganti air minum Bulbul sehari dua kali, selalu pakai air matang. Wadah minum dan makan selalu dicuci bila nampak kotor. Litter box pun begitu. Sejak pakai pasir gumpal, konsumsi pasir jadi lebih hemat tapi bukan berarti pasir jarang diganti ya.

Saya ganti pasir sekitar seminggu sekali atau menyesuaikan. Kalau pasir sudah bau banget dan nampak hampir basah semua ya langsung ganti 100% lah. Kandang pun juga harus rutin dicuci, terutama bagian alasnya. Kalau kotor kan jadi sarang kuman.

Kalau ngomongin kucing bakal nggak ada habisnya. Mulai dari tingkahnya, tetek pengek perawatannya. Saya pelihara kucing ini selain buat memperbaiki mood juga sebagai latihan bertanggung jawab pas punya anak suatu hari nanti. Eciyeee

Pertanyaannya, sama siapaaa? Ya Allah, tolong bantu jawab!

2 thoughts on “Vaksinasi Kucing dan Perawatan Ekstra Lain serta Biayanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *