4 Rekomendasi Aplikasi yang Digunakan Selama Ramadan

#30HariKebaikanBPN Jurnal
Aplikasi pada android ya ~

Smartphone harus diisi dengan aplikasi yang berfaedah. Saya install aplikasi yang digunakan selama ramadan maupun di bulan-bulan lain.

Bagi saya, aplikasi ini tetap membawa manfaat dan membantu untuk mendukung produktivitas sehari-hari. Ya sudah deh, saya nggak mau basa-basi. Cusss, berikut ini aplikasi apa saja yang harus ada di smartphone saya.

Muslim Pro

Aplikasi ini saya gunakan sejak lama. Saya sering menggunakan ini untuk membaca Al Quran, menyimak potongan ayat sekaligus artinya. Lho iya, aplikasi ini tiap malam akan mengingatkan saya untuk membaca ayat harian.

Romantis kan? Berasa punya guru spiritual karena potongan ayatnya kadang berisi suatu hal yang related dengan masalah atau kejadian pada hari itu. Seperti mata air di tengah padang yang gersang. Terasa sangat menyejukkan.

Spotify

Woh, ini sih wajib! Spotify adalah penghibur di segala suasana. Entah saya sedang nyetir, saya sedang bengong, saya sedang menulis seperti sekarang ini. Rasanya ada yang kurang kalau tidak mendengarkan musik.

Spotify ini bisa digunakan secara gratis. Namun, kamu tidak bisa melewati iklannya. Saya sih kemarin dapat promo coba akun premium Rp 5ribu per 3 bulan. Jadi saya gunakan sekaligus ingin uji coba akun jenius.

iPusnas

Membaca buku bisa kapan pun dan di mana pun. Bila bosan baca buku fisik, saya cari-cari buku lain dalam bentuk e-book. Baru-baru ini saya install iPusnas di smartphone.

Meskipun koleksinya tak begitu lengkap, tapi lumayan lah kalau mau cari koleksi buku lama. Saya bisa pinjam buku di sini secara digital. Maksudnya, baca buku ebook yang tersedia di iPusnas dengan jangka waktu tertentu.

YouTube

Bosan mendengarkan musik, bosan membaca buku, saya pindah ke YouTube. Saya bisa menemukan banyak video menarik di sini. Mulai dari web series yang bagus, video tutorial, video diskusi. Pokoknya banyak deh.

Selain itu saya bisa menonton video klip artis idola dan sedikit kepo dengan kehidupan sehari-hari lewat vlog yang diunggahnya. Kadang lewat konten-konten tersebut saya bisa menemukan sebuah inspirasi.

Nah, itulah 4 rekomendasi aplikasi yang digunakan selama ramadan. Keempatnya tetap bisa digunakan di bulan-bulan lain kok. Jadi bukan aplikasi musiman.

Eh, kamu punya rekomendasi aplikasi lain nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *