Warung Handayani. Foto adalah koleksi pribadi - Rizky Almira

Tips Berpuasa untuk Anak Kecil

#30HariKebaikanBPN Jurnal
Hihi. Saya kasih tips semampunya ya ~

Saya belum punya anak kecil sih. Tapi adek-adek kecil saya banyak. Jadi saya akan berusaha kasih tips berpuasa untuk anak kecil.

Tips-tips ini terinspirasi dari pengalaman pribadi dan cerita pengalaman puasa adik-adik saya. Berikut ini tips-tips dari saya…

Puasa setengah hari

Adik-adik saya, baik yang kandung maupun sepupu maupun keponakan latihan puasa dengan puasa setengah hari. Saya dulu juga begitu saat membiasakan untuk puasa.

Puasa di mulai ketika matahari mulai terbit dan berbuka puasa sesi satu setelah adzan dhuhur. Setelag buka puasa nanti melanjutkan lagi hingga adzan magrib. Jadi dalam sehari buka puasanya 2 kali.

Puasa makan namun masih boleh minum

Ya namanya masih belajar ya. Jadi boleh dong kalau puasanya makan doang. Masih dibolehkan untuk minum namun dengan porsi secukupnya.

Namanya belajar puasa, jadi harus bertahap. Ya nggak?

Hari ini puasa esoknya tidak puasa

Kalau kurang cocok dengan kedua cara sebelumnya boleh tuh coba hari ini puasa, besoknya nggak puasa. Jadi seperti puasa Daud.

Namun saya belum pernah sih menjalankan puasa dengan model ini. Saya sering menjalankan yang pertama, dulu sewaktu masih kecil.

Beri motivasi selama puasa

Ada yang memberikan suntikan semangat dengan menjanjikan sebuah hadiah bila mampu puasa penuh selama 30 hari.

Namun saya kurang setuju sih dengan penerapan metode ini pada anak kecil. Menurut saya, secara nggak langsung akan membiasakan untuk melaksanakan sesuatu dengan pamrih.

Mungkin bisa dicoba dengan memberikan motivasi lain tanpa menjanjikan sebuah hadiah. Meneladani anak-anak kecil untuk menjalan ibadah puasa.

Saya di sini bukan sedang menggurui ya, namun menceritakan ulang tentang tips puasa untuk anak kecil di lingkungan sekitar.

Jujur, waktu kecil saya juga jarang puasa karena kondisi badan yang kurang mendukung. Selain itu karena saya bandel. Please, jangan ditiru.

Saya juga masih belajar untuk menjadi umat yang taat untuk melaksanakan segala perintah-Nya tanpa mengharap pamrih dan tanpa nafsu. Eh, jangan salah nafsu itu bukan hanya untuk berbuat tindakan tercela namun juga dalam hal kebaikan.

Laguan saya juga belum punya anak kecil sih jadi belum bisa mengembangkan tips puasa dengan maksimal. Namun saya harap tulisan ini bisa memberikan manfaat. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *