Ilustrasi toko kue dari Pixabay

Berani Berinovasi Jadi Modal Sukses Berbisnis Beragam Kue

Jurnal Opini

Dari sudut pandang seorang yang demen kulineran~

Menurut saya, usaha pembuatan kue itu tak lekang oleh waktu. Pasang surut usaha bikin kue tetap ada. Itu wajar, namanya juga usaha. Biasanya usaha bikin kue akan mencapai masa kejayaan pada momen tertentu seperti menjelang bulan ramadan dan hari raya baik idul fitri maupun natal.

Memang nggak bisa dipungkiri bahwa banyak masyarakat yang melirik bikin usaha semacam ini. Mengingat dari segi modal yang harus dikeluarkan oleh pelaku usaha nggak begitu mahal atau besar bila dibandingkan dengan bidang bisnis lainnya.

Bisnis pembuatan kue berpeluang menghasilkan pundi-pundi uang yang jumlahnya tergolong besar dan menggiurkan apabila momen dan strateginya tepat. Ini lho ada beberapa kunci sukses di bidang usaha pembuatan kue dari kacamata seorang penikmat kue.

Berani berinovasi dan punya ciri khas

Ilustrasi kue coklat dari Pixabay
Ilustrasi kue coklat dari Pixabay

Hampir semua usaha kuliner punya kemiripan antara satu dengan yang lain. Jika usahamu ingin dikenal berbeda dan punya seuatu yang menarik, maka cobalah untuk berinovasi membuat varian yang lain daripada yang lain. Misalnya nih jika kue nastar umumnya berisi selai nanas, maka coba berkreasi mengganti selai nanas dengan coklat sebagai bahan isiannya.

Alasannya sederhana, pada dasarnya cokelat itu termasuk dalam jenis makanan yang disukai hampir semua orang, dari berbagai usia. Nah, bisa jadi dengan inovasi itu maka kamu bisa menjadi pelopornya. Peluang buat sukses juga makin besar dibandingkan membuat yang itu-itu saja atau sama seperti kebanyakan usaha lainnya.

Rasa yang enak

Ilustrasi pembuatan kue dari Pixabay
Ilustrasi pembuatan kue dari Pixabay

Ini adalah hal yang nggak kalah penting karena usaha yang akan kamu geluti adalah kuliner, maka rasanya harus nikmat. Percuma tampilannya menggugah selera, tetapi rasanya biasa aja atau kurang greget.

Untuk bisa membuat kue yang rasanya nikmat maka harus memakai bahan baku berkualitas, misalnya mentega yang dibeli bukan sekedar yang kiloan. Pakai merk-merk tertentu layaknya Wisman, harga bahannya memang agak mahal, tetapi akan sesuai dengan rasanya.

Penentuan harga

Ilustrasi aneka kue dari Pixabay
Ilustrasi aneka kue dari Pixabay

Calon konsumen sendiri cenderung picky soal harga makanan, banyak diantaranya yang membanding-bandingkan manakah harga termurah namun rasanya tetap enak. Termasuk saya sendiri. Hahaha.

Untuk itu bila ingin mengambil keuntungan maka jangan serakah atau terlalu besar, ingat bahwa ada kompetitor lain yang menjual produk yang sama.

***

Nah, tiga hal di atas adalah insight yang saya dapat sebagai kunci sukses berbisnis pembuatan beragam kue berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama ini. Coba terapkan hal di atas bila punya keinginan buat memulai usaha bikin kue.

Untuk urusan belanja berbagai macam bahan baku untuk pembuatan kue, serahkan pada TokoWahab. Salah satu toko online penyedia bahan baku kue yang berkualitas. Saya juga lagi belajar bikin kue lho, bukan buat dijual sih tapi untuk camilan keluarga.

Namun nggak menutup kemungkinan buat terima pesanan kue kalau memang ada yang doyan dan suka. Semoga insight di atas bermanfaat buat kamu ya. 😄

2 thoughts on “Berani Berinovasi Jadi Modal Sukses Berbisnis Beragam Kue”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *