Tips Biar Happy Saat Berbuka Puasa bersama Keluarga atau Teman

#30HariKebaikanBPN Jurnal
Bikin suasana hangat, biar hubungan makin rekat ~

Bulan ramadhan ialah momen yang tepat untuk berkumpul dengan orang-orang yang kita kasihi. Di bulan yang penuh berkah ini pasti kamu punya agenda untuk berbuka puasa bersama keluarga atau teman.

Kamu lebih suka yang mana? Rasa-rasanya itu adalah pilihan tersulit bagi saya. Keduanya sama-sama penting. Namun keluarga adalah prioritas yang utama.

Bicara soal berbuka puasa nih, baik bersama keluarga maupun teman, hal-hal berikut ini yang menurut saya bikin suasana terasa makin happy…

Menyediakan menu favorit bersama

Kehangatan berbuka bersama bukan soal ‘makan di mana’ namun menurut saya juga ada kaitan erat dengan ‘makan dengan siapa’ dan didukung oleh ‘makan apa’.

Mau makan seenak apapun tapi kalau teman makannya bukan orang yang diharapkan niscaya makanan tersebut tak selezat bila makan bersama dengan orang-orang terkasih.

Di rumah, ibu menyediakan menu-menu sederhana namun bagi saya sangat istimewa. Alasannya sederhana, karena semua menu tersebut kami suka.

Melihat semua lahap pas makan tuh jadi ikutan senang dan meningkatkan nafsu makan.

Berbagi kebaikan bersama

Kegiatan berbuka puasa bareng teman bisa diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya nih ya melakukan bagi-bagi takjil untuk musafir dan dhuafa.

Atau mengadakan ruang diskusi gratis untuk teman-teman yang memang berminat dengan topik yang dibahas. Berbagi kan nggak melulu soal materi, bisa dalam bentuk wawasan dan pengalaman.

Berbagi kebaikan bersama diyakini bisa memberikan energi positif pada diri kita.

Ajakan menunaikan amalan puasa bersama

Boleh mengajak keluarga maupun teman, untuk menunaikan amalan puasa setelah berbuka puasa bersama. Misalnya nih, salat tarawih di masjid terdekat.

Atau bisa mengajak untuk safari ramadan selama ada waktu senggang. Sowan dari satu masjid ke masjid lain.

Selain itu menghabiskan waktu bersama untuk tadarus, memperdalam wawasan soal agama. Saya yakin, itu bisa membuat happy semuanya. Ya masak sih dapat pahala nggak akan happy?

Hal terpenting adalah jalani ibadah dengan tulus ikhlas supaya bisa membawa manfaat dan berkah pada hidup.

Lhoh, kok saya malah tausiyah? Wqwq.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *