Resep nasi goreng udang ala saya

Ini Lho Resep Rahasia Nasi Goreng Udang ala Saya

#30HariKebaikanBPN Jurnal Kuliner Resep
Gampang kok bikinnya ~

Saya penasaran siapa sih yang mempelopori resep nasi goreng di Indonesia? Heran aja, hampir di semua daerah di Indonesia ada menu nasi goreng.

Menurut saya, nasi goreng itu masakan selera nusantara. Hampir semua orang bisa bikinnya, tapi tiap tangan menciptakan cita rasa yang berbeda-beda. Ya kan? Nasi goreng bikinan saya tentu berbeda dengan nasi goreng bikinan kamu. Nasi goreng di dekat kosan, rasanya berbeda dengan nasi goreng di gang sebelah.

Itu pun nasi goreng dalam skala lokal, tiap daerah cita rasa nasi gorengnya berbeda-beda dan ada banyak macamnya. Di Jawa Timur sendiri terkenal dengan nasi goreng jawanya yang dominan rasa asin dengan penggunaan kecap yang lebih sedikit daripada saos tomat. Pernah perhatiin nggak sih?

Berdasarkan pengalaman saya, nasi goreng di sekitar rumah saya yang ada di Blitar, Jawa Timur berbeda dengan nasi goreng yang ada di Yogyakarta. Apalagi nasi goreng gerobak yang ada di Jakarta. Kesimpulan dari pengamatan saya nih ya, nasi goreng di Pulau Jawa, semakin ke barat tuh penggunaan kecapnya semakin dominan. wqwq. Duh, puasa-puasa ngomongin nasi goreng jadi auto keroncongan.

Selama ini dari semua nasi goreng yang pernah saya cicipi, saya doyan tapi favorit saya adalah nasi goreng sapi, nasi goreng gerobak yang saya beli saat jalan-jalan di Jakarta, dan nasi goreng bikinan saya sendiri. eh, lha kok narsis gini. 😀
Ya gimana ya, kalau masak sendiri bisa mengatur rasa sesuai selera. Bebas menentukan apa saja yang akan ditambahkan ke dalam masakan nasi goreng.

Saya sendiri belajar masak nasi goreng sejak SD, waktu itu kalau sedang kumpul dengan teman-teman SD suka masak bareng. Yah, meskipun saya kayaknya tidak pernah jadi pemeran utama ketika masak alias pemain pendukung doang yang kerjanya bantu ambil ini itu doang tetapi saya bisa belajar banyak.

Terakhir masak nasi goreng waktu masih ngekos di Yogyakarta, saya punya nasi putih yang sisa. Sayang kalau dibuang, jadi saya masak aja deh jadi nasi goreng. Kebetulan di kulkas masih ada udang yang saya beli di supermarket dekat kos. Resep nasi goreng di bawah ini untuk 1 porsi aja ya. Hehehe.

Bahan-bahan

1 porsi nasi putih
1/2 genggam udang kupas
1 batang daun bawang
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
secukupnya cabai rawit
secukupnya garam, kaldu jamur, saus tiram, kecap manis
secukupnya minyak goreng

Proses memasaknya memerlukan waktu sekitar 30 menit. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Uleg bawang merah, bawang putih dan cabai.
  2. Tumis di minyak panas, masukkan daun bawang, oseng terus lalu masukkan udang. Kalau udang udah berubah warna, masukkan nasi putih. Aduk merata bersama bumbu.
  3. Tambahkan sedikit garam –sepucuk sendok teh, lalu kaldu jamur dikit aja, saus tiram sekitar 1 sdt, lalu kecap manis duikit aja.
  4. Aduk merata sambil cek rasanya. Selesai!

Tips untuk membuat nasi goreng adalah simpan dulu nasi putih yang akan digoreng ke dalam kulkas, sekitar satu malam gitu. Jadi biar tekstur nasinya kayak yang ada di nasi goreng gerobak. Usahain nasinya yang agak pera gitu ya.

Gimana nih? Tertarik untuk masak nasi goreng juga nggak? Semua bisa memasak kok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *