Sayur asem yang dimasak dengan penuh cinta

Romantika antara Saya dan Sayur Asem

#30HariKebaikanBPN Jurnal Kuliner Resep

Witing doyan jalaran saka terpaksa ~

Hih, kenapa sih orang-orang pada doyan sayur asem?! Segar dari mananya coba? Saya dari dulu sama sekali enggak doyan sayur asem. Apa ya, aneh. Kecut.

Yha iya lah kecut, lhawong namanya aja sayur asem. Asem woy. Asem! Wqwq. Ya gimana ya, lidah saya tuh kadang (sok) picky gitu lho alias pilih-pilih kalau soal makan. Saya suka main aman, pokoknya mau makan yang sesuai sama selera saya. Makanan yang gurih-gurih doang.

Lalu dunia api menyerang! Set dah… Nggak tahu kenapa, semenjak saya kuliah dan ngekos, saya mulai doyan apapun. Kadang heran aja sama diri sendiri kok jadi doyan sayur mayur yang sebelumnya ogah buat makan.

Bukan hanya sayur mayur aja, makanan lain pun yang sebelumnya saya nggak doyan jadi masuk aja ke perut. Set dah.. merantau ternyata bikin saya semakin gragas, apapun jadi doyan.

Asumsi saya sih karena saya terpaksa untuk memakannya karena nggak ada pilihan lain akhirnya jadi terbiasa. Daripada saya merana karena lapar, ya mending saya makan aja.

Begitu pula dengan cerita antara saya dan sayur asem. Awalnya saya ogah-ogahan, tapi sekarang saya doyan tuh makan sayur asem.

Saya mulai doyan makan sayur asem sejak tinggal di Yogyakarta. Teman sekamar saya suka memasak lalu kami berdua makan bersama. Nah, dia suka banget tuh masak sayur asem yang disantap pakai sambal dan ikan asin.

Awalnya lidah saya menolak, tapi lama-kelamaan ada perasaaan “nggak apa-apa deh, coba dulu. Eh, lhoh kok rasanya beda. Rasanya nggak buruk-buruk amat kok. Enak juga ya dimakan sama nasi hangat, sambal terasi pedas, dan ikan asin”. Ehe.

Teman saya memang rada unik cara memasak sayur asemnya, dia campur dengan daging thethelan biar lebih sedap. Sayangnya tahun berikutnya teman saya harus pindah keluar kota karena tuntutan pekerjaan.

Jadi bila saya ingin sayur asem, harus masak sendiri deh. Resepnya cukup mudah kok, yakin semua bisa memasaknya. Resep berikut ini bisa untuk 1-2 porsi.

Bahan-bahan:

  1. 1/2 terong ukuran kecil
  2. 1/2 genggam kulit melinjo
  3. 1/4 labu siam
  4. 6 iris nangka muda
  5. 3 helai kacang panjang
  6. 1 buah tomat
  7. 2 butir asam jawa
  8. secukupnya gula, garam dan kaldu jamur
  9. 4 lembar daun salam
  10. secukupnya air
  11. Bumbu halus :
  12. 1 siung bawang putih
  13. 3 siung bawang merah
  14. 1 butir kemiri
  15. secukupnya cabai rawit
1 ruas lengkuas (cukup geprek)L
Langkah-langkahnya:
  1. Uleg bumbu halus. Masukan ke air yang mendidih. Lalu masukkan juga asamnya dan daun salam dan lengkuas geprek.
  2. Masukkan sayur dimulai dari yang empuknya lama. Sambil masukkan gula, garam, kaldu jamur dan aduk. Lalu cek rasanya.
  3. Tunggu sampai semua sayur empuk dan matang. Selesai!

 

Mudah kan bikinnya? Proses memasak ini paling memerlukan waktu 15 menit aja. Paling lama sih pas bagian menyiapkan sayur. Harusnya itu bukan jadi penghalang buat memasak sayur asem ya. :-p

Jadi bagaimana nih? Sudah siap memasak sayur asem?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *