Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI

Sumbangsih Freeport Indonesia untuk Bumi Cendrawasih

Jurnal

Ini lho wujud nyata konstribusi Freeport Indonesia untuk Papua.

Saat mendengar ‘Freeport Indonesia‘, lantas apa yang terlintas di benak kamu? Tambang emas? Penambangan bawah tanah? Emas? Tambang tembaga? Papua? Perusahaan asing?

Sekilas tentang PT Freeport Indonesia, perusahaan ini telah beroperasi di Indonesia hampir 53 tahun yang merupakan perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) (Inalum) yang beroperasi di daerah dataran tinggi Tembagapura, Kab. Mimika Provinsi Papua.

Freeport Indonesia ini bergerak di bidang pertambangan. Aktivitas yang dilakukan yakni mulai dari penambangan hingga mengeksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak. Hasilnya berupa konsentrat yang dipasarkan ke seluruh dunia.

Selama beroperasi Freeport Indonesia memberi sumbangsih bagi negeri baik bagi pemerintah maupun rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Papua. Wujud nyata kontribusi Freeport Indonesia untuk negeri secara langsung berupa penerimaan pajak, royalti, dan dividen.

Untuk kontribusi Freeport Indonesia yang manfaatnya secara tidak langsung adalah sebagai berikut:

Pemberdayaan terhadap Warga Lokal

Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI
Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI

Freeport Indonesia ini memiliki sebagian karyawan yang merupakan warga lokal. Dilansir dari liputan khusus Kontan, per tahun 2016 saja ada sekitar 27% atau sekitar 30.000 warga lokal yang bekerja di perusahaan tersebut.

Dari jumlah sekian banyak itu, ada puluhan di antaranya yang menduduki jabatan sebagai staf manajerial hingga Vice President (VP) Freeport lho. Ini berarti Freeport Indonesia telah memberdayakan warga lokal demi kesejahteraan hidup dengan cara memberikan lapangan pekerjaan.

Pembangunan Infrastruktur untuk Masyarakat Papua

Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI
Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI

Dilansir dari Kontan, sejak tahun 1970 terjalin kerja sama antara Freeport Indonesia bersama Pemerintah Indonesia untuk membangun rumah-rumah yang layak untuk penduduk setempat, baik di Jalan Kamuki dan Kota Timika.

Bandar Udara Timika dan pusat perbekalan yang ada di sana juga menjadi salah satu bentuk kontribusi dari Freeport Indonesia untuk pembangunan di Papua. Nggak hanya itu, pembangunan jalan-jalan utama sebagai akses ke tambang dan jalan-jalan di daerah terpencil tidak luput dari perhatian Freeport Indonesia.

Pembangunan infrastruktur yang terbaru adalah Mimika Sport Complex yang kala itu dibangun dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional tahun 2020. Rencananya kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Papua dan Papua Barat.

Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Papua

Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI
Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI

Freeport Indonesia mencanangkan lewat beberapa program demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua yang berkelanjutan. Program-program tersebut bertujuan agar masyarakat bisa mandiri dari segi keuangan. Apa saja program mereka?

Program Ekonomi Mandiri dan Dana Bergulir LPMAK, keduanya program yang dicanangkan oleh Freeport Indonesia dengan dana yang bersumber dari sebagian pendapatan kotor tahunan mereka yang berkisar 1% dari jumlah total.

Tak hanya itu, Freeport Indonesia juga aktif mendampingi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) lho dan kini telah menghasilkan komoditi mulai dari kakao hingga kopi.

Peduli dengan Pendidikan Masyarakat Papua

Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI
Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI

Freeport Indonesia mendukung Balai Latihan Kerja (BLK) Institut Pertambangan Nemangkawi enggak hanya berupa dana. Perusahaan tersebut juga membantu menyusun kurikulum pelatihan supaya para siswa mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan.

Ada puluhan jenis skill yang diajarkan oleh BLK Institut Pertambangan Nemangkawi. Salah satu yang penting adalah pelatihan untuk menjadi entrepreneur. Keterampilan yang belum tentu didapat di perguruan tinggi.

Pendidikan anak-anak Papua juga termasuk dalam fokus Freeport Indonesia. Mereka mendirikan sekitar 5 sekolah dan asrama bagi anak-anak setempat, salah satunya adalah Taruna Papua. Sekolah dan asrama ini punya fasilitas yang cukup lengkap. Kabarnya siswa di sana mendapatkan uang saku pula. Banyak sekali ya benefitnya.

Merawat Kesehatan Masyarakat Papua

Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI
Konstribusi Freeport Indonesia. Dok. oleh PTFI

Kontribusi Freeport Indonesia untuk masyarakat Papua dalam bidang kesehatan yakni dengan mendirikan dan mengoperasikan beberapa rumah sakit, dan klinik-klinik spesialis. Rumah sakit dan klinik tersebut memberikan layanan kesehatan secara gratis.

Sebagai informasi tambahan, Freeport Indonesia ini juga ikut andil dalam menekan angka penderita penyakit malaria dan TBC (tuberkulosis) di Papua lho

Nah, 5 hal di atas merupakan wujud kontribusi nyata Freeport Indonesia untuk negeri, khususnya masyarakat Papua. Semoga setelah membaca tulisan ini, kamu semakin paham lebih banyak tentang Freeport Indonesia dan Papua ya. 😀

1 thought on “Sumbangsih Freeport Indonesia untuk Bumi Cendrawasih”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *