selai-rumahan-sumuji-yogyakarta-oleh-rizkyalmira 2

Homemade Jam by Sumūjī

Jurnal Ulasan

Ulasan selai rumahan dari Sumūjī ~

Sekitar bulan Juli lalu, saya memesan dua selai rumahan bikinan Sumūjī yang pemiliknya adalah teman saya sewaktu masih bekerja sebagai PNS alias Pegawai Negeri Startup di Kulina Yogyakarta 2-3 tahun silam. Sumūjī ini usianya masih tergolong baru, belum ada setahun.

Saya memesan selai buah naga dan nanas-mangga di Sumūjī. Alasan saya memesan dua selai buah ini:

Pertama, bahan-bahan yang digunakan oleh Sumūjī ini menggunakan bahan yang aman dikonsumsi. Gulanya aja nggak pakai gula tebu. Mereka memilih gula aren untuk memasak selainya. Wah, menarik sekali bukan?

Beberapa bulan ini saya berikhtiar untuk mengurangi konsumsi beberapa bahan makanan, salah satunya adalah gula pasir/gula tebu yang biasa digunakan kebanyakan orang. Sebisa mungkin kalau gula tebunya bisa diganti dengan gula aren, ya why not?

Bukannya apa-apa ya, tapi lebih kepada kesadaran untuk lebih memperhatikan apapun yang saya makan. Ini adalah salah satu bentuk self-care lho. Tujuannya adalah sehat.

Kedua, pilihan selai yang dijual Sumūjī tuh istimewa karena belum tentu merek selai lainnya ada yang pakai buah naga. Ya kan? 😁

Ketiga, berhubung yang jualan teman sendiri dan lokasinya berada di Jogja, jadi saya nggak sungkan buat nitip beliin gula aren bubuk yang memang sulit banget menemukan penjualnya di Blitar. Aku ngrepotin banget ya 😅

Apa aja varian selainya?

Setau saya, variannya ada 4 macam yaitu buah naga-sirsak, mangga-nanas, kacang, dan coklat-kacang.

Apa istimewanya selai dari Sumūjī?

Selain menggunakan gula aren sebagai pemanisnya, selai-selai dari Sumūjī ini tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Selai mereka tahan di luar ruangan sebelum di buka hingga 2 bulan. Sedangkan bila sudah dibuka simpan dalam kulkas tahan hingga 3 bulan.

Selain selai rumahan, Sumūjī jual apa lagi?

Mereka juga menjual smoothies dengan beberapa varian, seperti smoothies kurma dan choco-banana. Andalan mereka adalah smoothies kurmanya.

“Smoothies Kurma atau nama bekennya di mana mana sukur. 🤭
Favorit dan pas banget buat sarapan. Enak dan ngenyangin banget, kemaren selama puasa minum ini pas buka puasa atau pas telat sahur. hihihi.
Selain itu memang cocok banget buat booster ASI lho.
Kali ini setelah percobaan berkali kali pakai macam macam kurma dan susu, akhirnya nemuin resep yang pas.”

cerita Sumūjī

Gimana cara pemesanan produk Sumūjī?

Baik selai dan smoothies, sistem pemesanannya sama-sama pre-order, sis. Untuk selai bisa dikirim ke luar kota dari Yogyakarta. Pemesanannya bisa langsung meluncur ke akun shoope Sumūjī aja.

Nah, sedangkan untuk smoothies khusus warganet Bantul, DIY dan sekitarnya ya. Soalnya durasi ketahanannya jauh lebih pendek daripada selai.

Lalu, gimana ulasan saya mengenai selai rumahan mereka?

selai-rumahan-sumuji-yogyakarta-oleh-rizkyalmira 2
selai-rumahan-sumuji-yogyakarta-oleh-rizkyalmira 2

Satu jar selai beratnya sekitar 350 gram, selainya sendiri 200 gram. Saya beli 2 jar dan habis sekitar 1,5 bulan. Bulan-bulan itu sih saya rajin banget manggang roti tawar tiap pagi untuk sarapan.

Untuk rasanya, keduanya nggak terlalu manis. Malah cenderung asam untuk selai mangga-nanas. Kata Meyda, pemilik Sumūjī, cita rasa asam dari selai adalah fermentasi alami yang terbentuk dari penggunaan gula aren. Jadi masih aman untuk dikonsumsi meskipun rasanya sedikit masam.

Untuk tampilannya, saya suka banget dengan kemasan Sumūjī. Mereka menggunakan besek bambu. Menurut saya, estetik banget. Di sisi lain, kemasannya aman untuk pengiriman luar kota. Tidak ada keluhan setelah paket saya terima.

Wes pokok e good job buat Sumūjī! 🧡

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *