warung-pawon-kuliner-malam-di-kota-blitar

Kuliner Malam di Kota Blitar

Blitar Kuliner

Pemadam kelaparan jelang tengah malam.

“Nanti masih mau keluar lagi gak?” tanya suami.

Iya, kalau belum sempat makan malam dan lapar tak tertahankan. Apalagi sedang tidak ada makanan di rumah–lebih tepatnya malas memasak. Saya pilih beli makan di luar. Gantian ingin menikmati masakan orang lain. Saya suka–mendadak–linglung pas ditanya ‘mau makan apa?’. Pertanyaan sederhana yang sulit dijawab. 😅

Saya sering banyak mau. Tapi lagi-lagi sulit untuk menentukan mau makan apa, makan di mana. Ujung-ujungnya yang dituju itu lagi, itu lagi. Akhirnya, memberanikan diri untuk menjajal warung makan yang buka sampai larut malam bahkan menjelang dini hari. Sebagian atas rekomendasi teman, sebagian lagi hasil coba-coba.

Maka dari itu, saya ingin membagikan referensi kuliner malam di Kota Blitar untuk teman-teman. Siapa tau sedang lapar banget tapi tidak tahu harus kemana.

Warung Sego Kikil dan Uritan Mbok Rip

Mbok Rip adalah spesialis masakan pedas dengan menu andalan kikil dan uritan (jeroan ayam). Dulunya melapak di pelataran Bandara Ban, Jalan S. Supriyadi, Kota Blitar. Lalu pindah ke rumahnya, Jalan Imam Bonjol, berseberangan dengan Pengadilan Negeri Blitar. Buka mulai jam 6 sore sampai habis.

Kebanyakan orang memesan kikil dan uritan, kalau favorit saya di sini adalah sayur tahu dan cekernya. Kalau kamu tidak suka pedas, ada menu ayam goreng lengkuas (saya suka ngambilin bumbu lengkuasnya untuk ditabur di atas nasi, rasanya gurih-asin), lele goreng, sate ati rempela ayam, tempura, perkedel, tahu, dan tempe goreng. Jika masih tersedia, ada sayur urap juga.

Saya suka pedas, tapi perut ringkih. Tiap kali makan di sini, saya selalu minta tidak pakai kuah. Jadi pedasnya masih ditolerir. Dengar cerita, Mbok Rip sudah lama berpulang, kini usaha warung makan dilanjutkan oleh anak-cucunya.

Warung Tahu Pak Dji

Warung Pak Dji berada dalam gang persis di sebelah barat Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Blitar, Jalan Wr. Supratman, Kota Blitar. Apabila bawa kendaraan roda empat, saya sarankan untuk parkir di luar gang. Warungnya buka mulai jam 8 malam hingga jelang dini hari. Untuk jadwal liburnya tidak tentu, ya. Seringnya pas akhir pekan. 😁

Menu Pak Dji yang sering dipesan adalah mie instan yang bisa request goreng, nyemek, dan kuah. Selain itu ada nasi atau lontong tahu. Saya biasa pesan mie nyemek Pak Dji dengan level pedas sedang. Untuk camilannya, ada tahu goreng yang disajikan dalam piring dan ada di tiap meja. Hati-hati kalap. Hihi

Warung Pak Duro

Sepanjang Jalan Merdeka, Kota Blitar, utamanya di sekitaran Blitar Square, banyak warung tenda. Mereka mulai menggelar lapak sekitar jam 8 malam. Bila cuaca cerah, semakin malam justru semakin ramai. Salah satu yang pernah saya singgahi adalah warung Pak Duro. Lokasinya pas di depan Toko Pelangi. Ia buka sampai dini hari. Namun jadwal liburnya tentatif.

Warungnya semi prasmanan. Pilihan menunya mulai dari lodeh pepaya, lodeh nangka, lodeh tahu dan kacang panjang, tumis sayur, ayam goreng, ati rempela, ikan, dan lain-lain. Saya sudah beberapa kali kesana. Menu yang biasa saya makan adalah nasi putih, lodeh tewel, dan lauk. Kalau gak telur dadar, ya ati rempela, ditambah dengan tahu atau tempe goreng. Ya sesuai keinginan. Hehehe

Tahu Tek Cak Runi

Dari Warung Pak Duro, geser ke arah timur, tepat di seberang pintu keluar Blitar Square ada Tahu Tek Cak Runi. Biasanya ia mulai buka jam 9 malam sampai habis. Pernah tanya jam tutup, kadang bisa sampai jam 4 pagi. Cak runi berjualan dibantu putrinya. Pernah juga menjumpai Cak Runi berjualan sendiri.

Menu yang sering saya pesan di sini adalah tahu tek tambah telur. Kalau tidak terlalu lapar, biasanya request tanpa lontong. Enaknya makan di sini adalah lapaknya bersanding dengan Ronde dan Kolak Roti. Bisa sekalian jajan yang hangat-hangat kalau masih ada.

Nasi Campur Seberang Bank Danamon

Tidak jauh dari Tahu Tek Cak Runi, jalan kaki sedikit ke arah timur, ada Angkringan Dalu dengan menu andalan nasi campur seharga delapan ribu. Nasi putih, tumis pepaya, sambal goreng tempe, mie goreng, krengsengan, dan ayam tepung, adalah menu yang didapat bila memesan satu porsi nasi campur lengkap.

Menurut saya, porsi menunya cukup. Tidak terlalu banyak. Tidak terlalu sedikit. Saya sudah dua kali beli makan di sini. Sisanya paling beli sate usus dan ati rempela saja. Kadang warung ramai dan menu cepat habis. Pernah juga menu masih lengkap pas hari sudah terlalu malam. Mungkin karena malam itu hujan. Ya namanya kaki lima, sangat bergantung dengan cuaca.

Nasi dan Mie Goreng

Warungnya persis di sebelah baratnya nasi campur delapan ribuan. Cukup dengan uang sepuluh ribu, bisa mendapat seporsi nasi goreng, mie goreng, atau mawut (nasi dan mie goreng). Porsinya lumayan banyak, ada telur yang diorak arik sebagai bumbu, dan suwiran ayam. Saya baru sekali beli makan di sini, tapi bolehlah masuk ke daftar referensi kuliner malam di Kota Blitar.

Warung Pawon

Satu dua orang merekomendasikan Warung Pawon sebagai tujuan Kuliner Malam di Kota Blitar. Ada yang menyebutnya Soto Mak Sri. Ada pula yang menyebutnya Soto Sumba. Lokasi Warung Pawon memang di sekitar Jalan Sumba, Kota Blitar. Setelah melewati rumah susun milik 511, tetap lurus, nanti belok kiri ke arah gang. Patokannya adalah persimpangan dengan papan petunjuk ‘Warung Pawon Mak Sri’. Jangan khawatir tepatnya di mana, sebab ada tukang parkir yang bersiaga.

Setelah parkir, kita akan menyusuri gang senggol dan menemukan warung pawon. Menu warungnya adalah nasi soto ayam, nasi soto daging, nasi tahu, lontong tahu, tahu bumbu, dan bakso. Pas kesana terakhir, saya memesan nasi tahu khas Blitar dan mencicipi soto ayam yang dipesan suami. Harganya paling mahal seporsi sepuluh ribu dengan rasa yang lumayan. Warung Pawon buka mulai jam 7 pagi hingga jam 12 malam.

Dari semua warung di atas, mungkin gak semuanya sesuai dengan selera kamu. Tetapi harapannya, semoga cerita saya bisa membantu. Sementara itu dulu, ya, daftar kuliner malam di Kota Blitar. Apabila kamu punya rekomendasi lain, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.