Merawat Kulit Kering

Merawat Kulit Kering

#30HariKebaikanBPN Jurnal
Rawat dengan kasih sayang ~

Kulit saya adalah tipe kulit kering. Saking keringnya jadi kayak kulitnya lansia, mendekati keriput. Ya gimana ya, tipe kulit saya ini bawaan sejak lahir ke dunia yang fana ini.

Paling sebal kalau cuaca lagi dingin, kulit jadi gampang kering. Boso Jowo ne mbekisik. Paham nggak? Itu lho busik (jika kulit ditekan dan digesek dengan ujung kuku maka dengan mudah akan meninggalkan bekas warna putih kering).

Tidak cuma tangan dan kaki yang kering, area wajah saya juga. Saking keringnya kadang suka mengelupas dan putih-putih kayak bekas iler di pipi, di sekitar bibir dan hidung. Huhuhu. Sedih kalau sudah kayak gitu.

Rasanya jadi malas kemana-mana hingga kulitnya kembali lembab. Selain itu, telapak tangan saya juga kering. Saking keringnya jadi gampang ngapal dan kasar banget.

Namun, punya kulit kering harus tetap saya syukuri karena ya.. takdir. (eh, ini ngomong apa sih.. wqwq). Jadi saya kudu merawatnya, bagaimanapun ini adalah karunia Tuhan yang perlu dijaga.

Rutin pakai body lotion, kalau perlu minimal 2 kali dalam sehari

Dulu saya cuek banget. Saya paling pakai lotion tiap pagi doang setelah kelar mandi. Namun kaki dan tangan saya masih kering. Saya pakai lotion apapun. Nggak pernah mematok harus pakai merk apa.

Gara-gara malu karena kulit kaki kuering banget dan sepintas mirip kulit ular, saya jadi termotivasi untuk lebih rajin mengoleskan lotion pada kaki dan tangan. Ngolesnya tiap kelar mandi dan sebelum tidur.

Hasilnya not bad, seenggaknya tidak sekering sebelumnya. Bye bye busik! 😀

Rajin pakai pelembab untuk bibir

Bagian ini nggak boleh ketinggalan. Saya nggak pernah lupa untuk menggunakan lip balm setiap hari. Dari dulu saya menggunakan lip balm merk Bodyshop.

Saya pakai itu sejak masih kuliah dan masih setia hingga sekarang. Ya meskipun harganya lebih mahal dari gincu saya, tetapi hasilnya memang bagus. Bila rutin dipakai akan membantu dalam melembabkan bibir.

Selain tiap pagi, saya juga menggunakan lip balm sebelum tidur. Kalau ingin hemat penggunaan lip balm, saya akan menyiasati dengan Vaseline yang repairing jelly untuk dipakai sebelum tidur.

Sesekali pakai masker untuk wajah

Biar nggak kering amat, saya meluangkan waktu sebentar untuk mengiris tomat segar dan mengoleskannya pada seluruh wajah kecuali bagian mata dan bibir.

Saya juarang banget pakai masker kemasan sih. Alasannya karena kulit yang sensitif, juga soal kemalasan untuk menambah budget belanja. Jujur, saya lebih suka perawatan yang alami, terasa lebih secure.

Saya juga menggunakannya sebelum tidur, kalau sedang malas boleh lah 2-3x dalam seminggu.

 

Nah, saya cukup laksanakan 3 ritual sederhana itu untuk merawat kulit kering. Awalnya sulit membiasakan untuk melakukan itu semua, namun saya yakin kalau sudah terbiasa tidak lagi jadi beban. Semua akan mengalir, badan tergerak untuk melakukannya tiap hari.

Merawat kulit adalah investasi untuk masa depan. Kalau bukan kita yang merawat, siapa lagi? Ya nggak? :p

1 thought on “Merawat Kulit Kering”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *