bolu-kukus-milo-foto-resep-utama

Resep Bolu Kukus untuk Buka Puasa

#30HariKebaikanBPN Jurnal Kuliner Resep
Niatnya pakai skippy eh tapi….

Sepulang dari kantor, saya ngacir ke bengkel motor dan berniat akan mampir swalayan cukup besar. Begitu masuk, saya bergegas menjelelajahi lorong khusus selai. Eh, lha kok produk yang saya cari nggak ada di rak. Saya pun berkeliling sekali lagi, tetap tidak menemukan apa yang sedang dicari. Coba putar lagi… dan hasilnya NIHIL.

Saya rada gengsi kalau keluar swalayan nggak jadi beli apa-apa, akhirnya nyomot 2 bungkus bahan jelly instan. Wqwq. Padahal keluar dengan tangan kosong pun sebenarnya nggak masalah dan nggak da yang melarang. Dasar!

Mumpung melewati Alfamart, saya memutuskan untuk mampir. Langsung deh ngacir ke lorong makanan. “Kok tetep nggak ada ya??” gerutu saya.

Deretan selai akhirnya saya temukan, mereka jadi satu dengan roti tawar pada rak. Eh, tapi kenapa tidak ada skippy? Wah, mungkin belum rejeki nih untuk buka puasa dengan skippy. 🙁

Saya pulang dengan tangan kosong, belum berhasil bawa skippy. Ya sudah deh, nggak apa-apa. Semangat buat menulis nggak boleh terkikis. Kalau begitu saya tuliskan resep bolu kukus yang bisa dipadukan dengan selai skippy deh. Bahan dan cara bikinnya cukup mudah kok. 🙂

Bahan-bahan:
  • 2 butir telur
  • 50 gram terigu
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sdt baking soda
  • 4 sdm minyak goreng/lelehan mentega
  • 2 sachet susu milo

Resep ini bisa dikonsumsi sekitar 4-5 orang ya. Yakin nih? Bismillah, yakin aja. 🙂

Simak langkah-langkahnya di bawah ini ya!
  1. Kocok telur dan gula pasir. Kalau manual pake pengocok telur dengan tenaga tangan (asli pegel banget) sampai adonan putih gitu. Saya pakai mixer dengan kecepatan tinggi cukup 3-4 menit saja. Lalu masukkan terigu sedikit dan demi sedikit sambil terus aduk.

    aduk adonan telur dan gula yang telah dikocok dengan tepung terigu
    aduk adonan telur dan gula yang telah dikocok dengan tepung terigu
  2. Selanjutnya masukkan susu bubuk milo ke dalam adonan. Aduk terus sampai kalis. Lalu masukkan baking soda dan terakhir 3 sdm minyak goreng/lelehan mentega.

    campur adonan dengan sus bubuk Milo
    campur adonan dengan sus bubuk Milo
  3. Adonan dituang pada loyang/wadah terserah yang sebelumnya telah diolesi dengan sisa minyak goreng/mentega. Kemudian dikukus, tunggu hingga air mendidih ya. Lama proses kukus adalah 30-40 menit dan angkat dan sajikan! Sebenarnya bisa pakai magic com seperti #MasakDarurat, tapi saya nggak berhasil. Hehehe.

Niatnya tadi beli Skippy Peanut Butter buat ngolesin bagian atas biar nggak polos-polos banget. Slengekan dikit lah biar hidupnya nggak monoton. Ehe. Kamu buka puasa pakai menu apa? 😀

5 thoughts on “Resep Bolu Kukus untuk Buka Puasa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *