Screen Shot di halaman utama Airyrooms.com

Sayonara Airyrooms.com! 👋🏽

Jurnal Penginapan Perjalanan Ulasan

Cerita ini sebagai salam perpisahan ~

Screen Shot di halaman utama Airyrooms.com
Screen Shot di halaman utama Airyrooms.com

Sekitar sebulan lalu si Pandu, teman saya, mengunggah screen shot newsletter dari Airyrooms yang ngasih kabar bahwa akan berhenti beroperasi per tanggal 31 Mei 2020. Yah, sedih banget. Airyrooms adalah salah satu penyedia hotel murah yang saya andalkan pas jalan-jalan.

Singkat cerita, penyebab tutupnya Airyrooms ini disebabkan oleh situasi di tengah pandemi yang mengharuskan aktivitas ekonomi di bidang wisata berhenti total. Imbas dari adanya Covid-19 ini, Airyrooms kesulitan secara finansial buat nutupin biaya operasional, selain itu mereka juga kekurangan sumber daya manusia.

Sebagai salam perpisahan dengan Airyrooms.com, saya ingin bercerita pengalaman menginap terakhir di Kota Malang. Belum lama kok, sekitar pertengahan Maret lalu. Nama hotelnya, Airy Klojen Lamongan 2.

Lokasinya ada di tengah kota, nggak jauh dari Ijen Boulevard – Klojen, tepatnya di Jalan Lamongan. Pertama kali tiba di sana, saya udah terkesan dengan suasananya yang asri dan tenang. Hotelnya ada di tengah-tengah permukiman.

Bangunannya pun nggak baru-baru amat, tapi juga nggak lawas-lawas amat. Kamar yang saya sewa ada di bagian belakang, pas banget di tepi kolam renang dan dapur. Nah, gambar di bawah ini adalah pemandangan di depan kamar saya.

Bagian dalam Airy Klojen Lamongan . Foto oleh Booking.com
Bagian dalam Airy Klojen Lamongan . Foto oleh Booking.com

Saya sama sekali nggak ambil foto pas nginap di hotel ini. Nggak apa-apa ya kalau saya pinjam foto orang lain? Hehehe.
Saat itu saya menyewa kamar twin bed, untuk dua orang. Harga per malamnya sekitar 200ribu sekian. Fasilitasnya banyak, seperti televisi, AC, kamar mandi dalam termasuk air panas, handuk, parkir yang cukup luas, Wi-Fi, sabun dan sikat gigi. Sarapan doang yang nggak dapat.

Kalau pagi atau malamnya lapar dan mager nggak tau mau makan apa, di sana disediakan pantry yang menjual makanan ringan dan berat. Ada beberapa meja makan juga kok. Saya pesan teh manis dan roti bakar buat sarapannya Adinda sebelum kami cau ke gereja.

Ohya, di dapur tuh disediakan teh, kopi, dan air panas gratis. Saya bisa isi botol minum sepuasnya buat nyeduh teh. Stafnya lumayan ramah, pokoknya hotel ini patut saya rekomendasikan buat kamu yang kelar musim pagebluk atau pandemi ini pengin jalan-jalan ke Malang.

Biarpun nanti nggak bisa pesan lewat Airyrooms.com tapi kan masih bisa pesan lewat platform lain. Ya kan? Jangan lupa, Airy Klojen Lamongan 2 ini juga punya nama lain yaitu Lovender Guest House.

Nama lain dari Airy Klojen Lamongan. Foto oleh Fadlye
Nama lain dari Airy Klojen Lamongan. Foto oleh Fadlye

Untuk kamarnya, khususnya kamar mandi, bersih kok. Nih, saya tunjukin keadaannya.

Kamar madi di Airy Klojen Lamongan. Foto oleh hotels.com
Kamar madi di Airy Klojen Lamongan. Foto oleh hotels.com

Selain bersih, airnya lancar banget dan seger. Soalnya pernah juga nginap di salah satu hotel di Surabaya, airnya mengandung umpan kaporit dan nggak lancar-lancar amat kan bikin mood turun yak. Buat saya tuh mandi yang menyenangkan bisa balikin mood yang turun. Gak tau ya kalau kamu. 😹

Suasana di dalam kamar Airy Klojen Lamongan. Foto oleh hotels.com
Suasana di dalam kamar Airy Klojen Lamongan. Foto oleh hotels.com

Suasana di dalam kamarnya standar. Ada televisi yang nempel di dinding dengan ukuran layar 21″. Terdapat sebuah jendela yang lengkap dengan gorden, aman lah untuk melindungi privasi kita. Nggak perlu takut ada yang ngintip. Tiap ranjang dilengkapi stop kontak, jadi nggak perlu rebutan. Ada ruang khusus buat gantungin baju juga.

Duh, kok ikutan sedih ya dengar kabar Airyrooms.com bakal berhenti beroperasi. Ya berharapnya suatu hari nanti Airyrooms.com bisa lahir kembali dengan branding yang lebih fresh.

Nggak mau menyangkal bahwa Airyrooms.com ini ngebantu banget pas butuh referensi hotel yang harganya terjangkau. Saya kan budak budget hotel. Airyrooms.com ini juga setau saya adalah pelopor situs-situs penyedia hotel murah di Indonesia dan mulai beroperasi sejak tahun 2015. Ciri khasnya ngasih snack (seringnya beng beng, better, malkist, dan mineral) untuk tamunya, selain toiletries.

travel kit ala Airy
travel kit ala Airy. foto oleh penulis

Pouch dari Airyrooms.com juga reuse-able. Saya gunakan buat tempat toiletries, skincare, dan lain-lain pas lagi jalan-jalan. Pokoknya pengalaman sama Airyrooms.com nggak bakal terlupakan. Terima kasih banyak Airy. 🤧

Sayonara Airyrooms! 👋🏽

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *